SAMARINDA – Maraknya laporan pelaku usaha yang mendapat tekanan dari oknum organisasi kemasyarakatan (ormas) mendapat perhatian serius dari DPRD Kaltim Kalimantan Timur.
Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Jahidin, meminta Pemprov Kaltim bertindak tegas terhadap ormas yang diduga mengganggu stabilitas dunia usaha.
“Kalau perusahaan atau UMKM merasa tidak aman karena tekanan dari ormas, ini bisa ganggu roda ekonomi. Bahkan bisa bikin investor ragu datang,” tegas Jahidin.
Jahidin menegaskan, ormas seharusnya menjadi mitra pembangunan. Bukan justru sumber keresahan.
Menurutnya, aksi penyegelan usaha tanpa dasar hukum jelas adalah bentuk premanisme yang tidak bisa ditoleransi.
“Premanisme yang dibungkus ormas harus ditindak. Ini bisa merusak citra Kaltim sebagai daerah ramah investasi,” katanya.
Jahidin menilai, kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) seharusnya diiringi oleh rasa aman bagi pelaku ekonomi.
Jika oknum ormas terus dibiarkan bertindak semena-mena, Kaltim akan kehilangan momentum sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.
“Jangan sampai IKN terganjal oleh ulah segelintir oknum. Kita harus jaga kepercayaan nasional dan global,” lanjutnya.
Sebagai solusi, Jahidin mendorong pembentukan Satgas Penanggulangan Premanisme. Satgas ini diharapkan bisa bekerja lintas sektor bersama aparat hukum dan pemda.
“Satgas harus punya mandat jelas. Jaga stabilitas, lindungi investor, dan beri rasa aman bagi pelaku usaha,” ujarnya.
Ia juga menyarankan dilakukan verifikasi ulang terhadap ormas yang aktif di daerah, agar tidak ada penyalahgunaan nama organisasi untuk kepentingan pribadi.
Bagi Jahidin, masalah ini bukan sekadar hukum. Ini soal menjaga keberlanjutan ekonomi daerah.
“Kalau kita mau Kaltim jadi magnet investasi dan siap sambut IKN, urusan seperti ini harus dibereskan dari sekarang,” tutupnya.
Contains information related to marketing campaigns of the user. These are shared with Google AdWords / Google Ads when the Google Ads and Google Analytics accounts are linked together.
90 days
__utma
ID used to identify users and sessions
2 years after last activity
__utmt
Used to monitor number of Google Analytics server requests
10 minutes
__utmb
Used to distinguish new sessions and visits. This cookie is set when the GA.js javascript library is loaded and there is no existing __utmb cookie. The cookie is updated every time data is sent to the Google Analytics server.
30 minutes after last activity
__utmc
Used only with old Urchin versions of Google Analytics and not with GA.js. Was used to distinguish between new sessions and visits at the end of a session.
End of session (browser)
__utmz
Contains information about the traffic source or campaign that directed user to the website. The cookie is set when the GA.js javascript is loaded and updated when data is sent to the Google Anaytics server
6 months after last activity
__utmv
Contains custom information set by the web developer via the _setCustomVar method in Google Analytics. This cookie is updated every time new data is sent to the Google Analytics server.
2 years after last activity
__utmx
Used to determine whether a user is included in an A / B or Multivariate test.
18 months
_ga
ID used to identify users
2 years
_gali
Used by Google Analytics to determine which links on a page are being clicked
30 seconds
_ga_
ID used to identify users
2 years
_gid
ID used to identify users for 24 hours after last activity
24 hours
_gat
Used to monitor number of Google Analytics server requests when using Google Tag Manager
Tidak ada komentar