Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan, Soegianto
BALIKPAPAN — Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang akan digelar di Balikpapan pada 9–11 Juli 2025, pelaku industri perhotelan menyatakan kesiapan penuh.
Ribuan tamu dari berbagai daerah di Indonesia diperkirakan akan membanjiri kota minyak. Ketua PHRI Balikpapan, Soegianto, memastikan seluruh hotel siap menyambut kehadiran para tamu.
“Kami siap. Okupansi saat ini belum tinggi, jadi momen ini sangat tepat untuk mendorong sektor perhotelan,” ujar Soegianto saat dikonfirmasi, Senin (30/6).
Menurutnya, sejak beberapa hari terakhir, pemesanan kamar mulai berdatangan. Terutama di hotel berbintang tiga hingga lima.
Soegianto memperkirakan para tamu mulai datang sejak 8 Juli, sehari sebelum acara puncak. Dua hotel bintang lima, delapan hotel bintang empat, dan belasan hotel bintang tiga telah menyatakan kesiapan.
“Kalau terjadi lonjakan, hotel bintang satu dan dua juga pasti terisi. Semua siap mendukung acara nasional ini,” jelasnya.
Soal penanganan tamu VIP, Soegianto mengakui belum ada penjemputan khusus karena sebagian besar tamu datang secara mandiri.
“Sebagian besar hanya dua atau tiga orang per daerah. Jadi belum ada skema rombongan besar. Kami masih menunggu arahan resmi dari panitia,” imbuhnya.
Tak hanya soal akomodasi, PHRI Balikpapan juga menggandeng pelaku UMKM lokal untuk menyediakan produk khas daerah. Produk-produk UMKM dipajang di kamar, lobby, hingga toko-toko di dalam hotel.
“Kami memang dorong hotel bermitra dengan UMKM. Ini juga arahan dari dinas. Supaya tamu lebih kenal produk Balikpapan,” sebutnya.
Soegianto berharap HUT Dekranas ke-45 bukan hanya sukses secara acara, tetapi juga mampu menggeliatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi lokal.
“Semoga acaranya lancar, tamu puas, dan ekonomi Balikpapan ikut bergerak,” pungkasnya.
Contains information related to marketing campaigns of the user. These are shared with Google AdWords / Google Ads when the Google Ads and Google Analytics accounts are linked together.
90 days
__utma
ID used to identify users and sessions
2 years after last activity
__utmt
Used to monitor number of Google Analytics server requests
10 minutes
__utmb
Used to distinguish new sessions and visits. This cookie is set when the GA.js javascript library is loaded and there is no existing __utmb cookie. The cookie is updated every time data is sent to the Google Analytics server.
30 minutes after last activity
__utmc
Used only with old Urchin versions of Google Analytics and not with GA.js. Was used to distinguish between new sessions and visits at the end of a session.
End of session (browser)
__utmz
Contains information about the traffic source or campaign that directed user to the website. The cookie is set when the GA.js javascript is loaded and updated when data is sent to the Google Anaytics server
6 months after last activity
__utmv
Contains custom information set by the web developer via the _setCustomVar method in Google Analytics. This cookie is updated every time new data is sent to the Google Analytics server.
2 years after last activity
__utmx
Used to determine whether a user is included in an A / B or Multivariate test.
18 months
_ga
ID used to identify users
2 years
_gali
Used by Google Analytics to determine which links on a page are being clicked
30 seconds
_ga_
ID used to identify users
2 years
_gid
ID used to identify users for 24 hours after last activity
24 hours
_gat
Used to monitor number of Google Analytics server requests when using Google Tag Manager
Tidak ada komentar