SAMARINDA — Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali turun. Penurunan ini sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir dan mulai dirasakan langsung oleh petani di berbagai wilayah.
Plt Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Andi M. Siddik, menyebut bahwa turunnya harga dipicu oleh merosotnya harga crude palm oil (CPO) dan inti sawit (kernel) di tingkat perusahaan.
“Penurunan ini berdampak langsung pada harga TBS yang diterima petani. Hampir semua perusahaan sumber data mencatat tren penurunan,” ujar Andi, Rabu (2/7/2025).
Untuk periode 16–30 Juni 2025, harga rata-rata CPO tercatat sebesar Rp13.215,97/kg, sementara harga kernel berada di angka Rp11.471,43/kg. Indeks K ditetapkan sebesar 89,06%.
Harga ini berlaku bagi petani plasma yang telah bermitra dengan perusahaan pemilik pabrik kelapa sawit (PKS).
“Kemitraan ini penting. Harga TBS yang diterima petani bisa lebih stabil dan sesuai standar. Tidak lagi dipermainkan tengkulak,” jelas Andi.
Andi menekankan pentingnya kemitraan antara kelompok tani dan PKS agar harga TBS lebih transparan dan adil. Kerja sama ini juga diyakini bisa mendorong kesejahteraan petani sawit, terutama di tengah fluktuasi harga pasar.
Pemprov Kaltim berharap, melalui skema ini, petani tidak lagi menjadi pihak yang paling dirugikan dalam rantai distribusi kelapa sawit.
Kolaborasi antara petani dan perusahaan dianggap solusi terbaik untuk menjamin keberlanjutan industri sawit rakyat di Kaltim. [DIAS]
Contains information related to marketing campaigns of the user. These are shared with Google AdWords / Google Ads when the Google Ads and Google Analytics accounts are linked together.
90 days
__utma
ID used to identify users and sessions
2 years after last activity
__utmt
Used to monitor number of Google Analytics server requests
10 minutes
__utmb
Used to distinguish new sessions and visits. This cookie is set when the GA.js javascript library is loaded and there is no existing __utmb cookie. The cookie is updated every time data is sent to the Google Analytics server.
30 minutes after last activity
__utmc
Used only with old Urchin versions of Google Analytics and not with GA.js. Was used to distinguish between new sessions and visits at the end of a session.
End of session (browser)
__utmz
Contains information about the traffic source or campaign that directed user to the website. The cookie is set when the GA.js javascript is loaded and updated when data is sent to the Google Anaytics server
6 months after last activity
__utmv
Contains custom information set by the web developer via the _setCustomVar method in Google Analytics. This cookie is updated every time new data is sent to the Google Analytics server.
2 years after last activity
__utmx
Used to determine whether a user is included in an A / B or Multivariate test.
18 months
_ga
ID used to identify users
2 years
_gali
Used by Google Analytics to determine which links on a page are being clicked
30 seconds
_ga_
ID used to identify users
2 years
_gid
ID used to identify users for 24 hours after last activity
24 hours
_gat
Used to monitor number of Google Analytics server requests when using Google Tag Manager
Tidak ada komentar