Beragam produk lokal UMKM dipajang di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. (Syahrul)
BALIKPAPAN— Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan, menyambut antusias perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang akan digelar pada 9–11 Juli 2025.
Acara berskala nasional ini diprediksi bakal menyedot ribuan tamu dari seluruh Indonesia. Para pedagang pun telah bersiap jauh-jauh hari, baik dari segi stok barang maupun tampilan gerai.
Normawati, salah satu pedagang aksesori khas Kalimantan, mengaku telah menyiapkan beragam produk unggulan.
“Kami jual aneka produk lokal. Mulai dari manik-manik, tas tenun, sampai kaos bordir khas Kalimantan. Aksesoris seperti kalung dan gelang kami rakit sendiri,” ujarnya saat ditemui, Senin (30/6/2025).
Ia berharap momentum HUT Dekranas bisa membawa berkah bagi pedagang kecil di Balikpapan.
“Semoga ramai pembelinya. Tamu-tamunya belanja semua,” ucapnya sambil tersenyum.
Hal senada disampaikan Hajah Juhai, pedagang yang juga berjualan produk khas Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Ia mengaku optimistis acara Dekranas kali ini akan berdampak positif pada omzet UMKM.
“Persiapan kami sudah lengkap. Tinggal tunggu pengunjung. Mudah-mudahan acaranya lancar dan membawa banyak pembeli,” katanya penuh harap.
Sebagai informasi, Pasar Inpres Kebun Sayur memang dikenal sebagai salah satu sentra oleh-oleh dan kerajinan tangan terbesar di Balikpapan. Produk yang ditawarkan beragam, mulai dari batu akik, manik-manik, perhiasan khas, rotan, hingga kain tenun etnik Kalimantan.
Balikpapan yang dikenal sebagai kota bersih dan ramah wisatawan dinilai siap menyambut tamu dari seluruh penjuru Tanah Air.
Para pedagang optimistis, daya tarik budaya lokal dan produk kerajinan yang otentik akan membuat pengunjung betah berbelanja.
Perayaan HUT ke-45 Dekranas di Balikpapan diprediksi tak hanya menjadi ajang promosi budaya, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan UMKM lokal.
Contains information related to marketing campaigns of the user. These are shared with Google AdWords / Google Ads when the Google Ads and Google Analytics accounts are linked together.
90 days
__utma
ID used to identify users and sessions
2 years after last activity
__utmt
Used to monitor number of Google Analytics server requests
10 minutes
__utmb
Used to distinguish new sessions and visits. This cookie is set when the GA.js javascript library is loaded and there is no existing __utmb cookie. The cookie is updated every time data is sent to the Google Analytics server.
30 minutes after last activity
__utmc
Used only with old Urchin versions of Google Analytics and not with GA.js. Was used to distinguish between new sessions and visits at the end of a session.
End of session (browser)
__utmz
Contains information about the traffic source or campaign that directed user to the website. The cookie is set when the GA.js javascript is loaded and updated when data is sent to the Google Anaytics server
6 months after last activity
__utmv
Contains custom information set by the web developer via the _setCustomVar method in Google Analytics. This cookie is updated every time new data is sent to the Google Analytics server.
2 years after last activity
__utmx
Used to determine whether a user is included in an A / B or Multivariate test.
18 months
_ga
ID used to identify users
2 years
_gali
Used by Google Analytics to determine which links on a page are being clicked
30 seconds
_ga_
ID used to identify users
2 years
_gid
ID used to identify users for 24 hours after last activity
24 hours
_gat
Used to monitor number of Google Analytics server requests when using Google Tag Manager
Tidak ada komentar